Budaya | Fashion | Kuliner | Musik

Festival Batanghari 2018

23 Sep 2018

Jambi
  • Tgl Posting Rabu, 11 Jul 2018
  • 567 kali dilihat

Foto: Istimewa

Festival tahunan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi yang bekerja sama dengan seluruh pemerintah kota/kabupaten yang ada di provinsi tersebut, dan didukung oleh Kementerian Pariwisata. Nama “Batanghari” diambil dari Sungai Batanghari yang alirannya melewati beberapa wilayah di Jambi.

Festival Batanghari 2018 akan digelar pada 23 September 2018, yang melibatkan sejumlah kota di pesisir Sungai Batanghari mulai dari Jambi, Muara Jambi, Muara Sabak sampai Pulo Laut. Setiap wilayah akan mengadakan acara yang disesuaikan dengan keunikan daerah dan sejarah masing-masing.

Jembatan-jembatan nan elok yang melintas di atas sungai memiliki daya tarik tersendiri. Oleh karenanya, lokasi tersebut dijadikan sebagai tempat pertunjukan, di antaranya dijadikan tempat untuk parade fashion Tengkuluk, termasuk parade busana batik karya para desainer Jambi dan karya paguyuban.

Gelaran yang dimaksudkan sebagai promosi pariwisata Provinsi Jambi ini akan menyuguhkan beragam kegiatan, seperti pertunjukan seni-budaya, lomba masakan tradisional, pentas musik, lomba tari dan lagu daerah. Ada pula pelepasan seribu lampion, permainan sinar laser, pembacaan puisi, demo kopi khas Jambi oleh sejumlah pelaku usaha kopi se-Provinsi Jambi, dan beberapa acara menarik lainnya.

Sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Alirannya melewati beberapa daerah yang ada di Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi, seperti Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Batang Hari, Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Saat berada di Jambi, sempatkanlah untuk berkunjung ke Candi Muaro Jambi, yang lokasinya sekitar 30 km dari Kota Jambi. Situs purbakala percandian Hindu-Buddha yang berada di Kabupaten Muaro Jambi ini dikenal paling luas di Asia Tenggara; luasnya sekitar delapan kali Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Candi Muaro Jambi sedang “diperjuangkan” ke UNESCO untuk menjadi situs Warisan Dunia.

Gunung tertinggi di Pulau Sumatera juga terdapat di Jambi, yakni Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut. Dari puncaknya kita dapat melihat lanskap Jambi, Padang dan Bengkulu, bahkan kita bisa lihat pula Samudera Hindia.

Dari Jakarta, ada beberapa pilihan penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Halim Perdana Kusuma menuju Bandara Internasional Sultan Thaha Jambi. Mencari hotel dan penginapan di Jambi tidaklah sulit karena tersedia banyak pilihan untuk menginap, bahkan sejumlah hotel melayani reservasi secara online.


Narahubung:
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi
Telepon: +62 741 445054 -56
Situs web: disbudpar.jambiprov.go.id