Budaya

Festival Budaya Iraw Tengkayu 2017

01 - 31 Des 2017

Bulungan
  • Tgl Posting Kamis, 24 Aug 2017
  • 834 kali dilihat

Pulau Tarakan, sejak dahulu dikenal dengan masyarakat nelayan, didiami oleh masyarakat Suku Tidung, yang mempunyai beragam tradisi budaya dan salah satunya adalah Iraw Tengkayu.

Iraw Tengkayu secara harfiah dapat diartikan sebagai pesta laut, yaitu suatu tradisi/pesta sebagai ucapan syukur atas rezeki yang diperoleh dari hasil laut dan diharapkan selanjutnya dapat memperoleh hasil yang lebih baik dari sebelumnya.

Festival Budaya Iraw Tengkayu dilaksanakan oleh Pemerintah sejak tahun 2001 yang dirangkaikan dengan perayaan HUT Kota Tarakan setiap dua tahun sekali.

Puncak kegiatan pelaksanaan Festival Budaya Iraw Tengkayu, yaitu penurunan Padaw Tuju Dulung (perahu tujuh haluan) dengan cara menghanyutkan Padaw ke laut.

Festival Budaya Iraw Tengkayu saat ini telah menjadi event atraksi pariwisata yang menarik dan telah menyedot pengunjung untuk menyaksikannya, baik yang berasal dari Kota Tarakan, luar daerah, maupun wisatawan asing yang datang melalui Tawau, Sabah, Malaysia. Tidak mengherankan jika festival Budaya Iraw Tengkayu ini mendapatkan Anugerah Pesona Indonesia 2016 (API 2016) Kategori Atraksi Budaya Terpopuler.

Penyelenggara

Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Utara 
Narahubung: Nana 081340100140
Jl. Skip, Tj. Selor Hilir, Tj. Selor, Kabupaten Bulungan,
Kalimantan Utara 77216
www.kaltaraprov.go.id