Budaya

Festival Kataloka 2017

25 - 28 Nov 2017

Seram Bagian Timur
  • Tgl Posting Jumat, 15 Sep 2017
  • 1736 kali dilihat

FOTO: WWF

Festival Kataloka merupakan hajatan masyarakat di Petuanan Negeri Kataloka, Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku, yang dipimpin oleh Raja Kataloka. Festival Kataloka kali ini akan diselenggarakan dengan lebih besar dan meriah dengan tema “Pesona Budaya Goran Riun", yang tidak diselenggarakan secara terpusat, tetapi tersebar di beberapa wanu (kampung). Dengan demikian, diharapkan lewat acara ini semangat apresiasi terhadap seni, budaya, dan lingkungan semakin berkembang merata di seluruh Petuanan Negeri Kataloka. Festival akan dilaksanakan pada 25-28 November 2017. 

Ada beberapa acara yang bisa dinikmati oleh para wisatawan pada festival ini, yaitu:

  1. Pawai Budaya (Napak Tilas Jou Bessy) yang akan dilaksanakan di darat dan laut. Prosesi ini melewati rute sama seperti ketika Raja Jou Bessy bersama Sultan Nuku berperang melawan Belanda di Negeri Kataloka. Sebanyak lebih kurang 1.000 orang akan terlibat dalam tapak tilas ini. Uniknya, semua peserta pawai mengenakan baju adat Goran Riun.
  2. Pengibaran Panji Kebesaran Kerajaan Kataloka pada pembukaan acara yang dibuka oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kemdikbud RI. Pembukaan ini akan menampilkan berbagai ragam tarian secara massal dari Negeri Kataloka.
  3. Diskusi Budaya dengan tema “Peran Adat pada Era Globalisasi”. Bertindak sebagai pembicara kunci Hilmar Farid (Dirjen Kebudayaan RI)*. Gorom, adat istiadat, lintas sejarah dan petuanan. Pembicara lainnya: Prof. Dr. Mus Huliselan, Prof. Dr. Tony Pariela, Raja Kataloka, dan dari WWF Indonesia.
  4. Pentas Seni pada malam kesenian yang menampilkan berbagai tarian dari negeri di Goran Riun dan Esi Riun. Pada kesempatan ini penghargaan kepada seniman-seniwati yang pernah menjadi duta seni Kataloka mewakili Maluku diberikan. Sejumlah hiburan oleh artis lokal akan menjadi daya tarik sendiri. 
  5. Pameran budaya dan lingkungan yang menampilkan benda-benda antik koleksi Negeri Kataloka, foto kekayaan bawah laut Kataloka, foto kuno Kataloka, produksi dan kuliner khas dari Negeri Kataloka dan sekitarnya, pameran pembangunan dari dinas di SBT.
  6. Aneka Lomba yaitu :
    • Tari sawat
    • Menyanyi lagu Gorom
    • Menggambar dan mewarnai dengan tema “Lautku” 
    • Fotografi bawah laut pulau
    • Paduan suara ibu-ibu menyanyi lagu Gorom
    • Pemilihan Ilar Ilwouw (putera-puteri) Kataloka
  7. Penutupan Acara dengan menampilkan para pemenang lomba dan berbagai kesenian dari wilayah Goran Riun.

Penyelenggara

Leawana (Lembaga Adat Wanu Ata Lo’a) Negeri Kataloka bersama Bappeda Kabupaten Seram Bagian Timur, Kecamatan Pulau Gorom, WWF Indonesia

Informasi Hubungi:
Graha Simatupang
Tower 2 Unit C, 7th - 11th Floor
Jalan Letjen T.B. Simatupang
Jakarta - 12540
www.wwf.or.id
Facebook : Bansina- Kataloka Tourism Community (@bansinakataloka)