Budaya

Festival Mahakam 2018

02 - 04 Nov 2018

Samarinda
  • Tgl Posting Selasa, 04 Sep 2018
  • 676 kali dilihat

Foto: Istimewa

Festival tahunan ini berlokasi di Samarinda, ibukota Provinsi Kalimantan Timur, dan semua kegiatan dipusatkan di Sungai Mahakam. Berbagai lomba dan pertunjukan seni dan budaya menjadi suguhan menarik selama Festival Mahakam berlangsung.

Festival Mahakam 2018 akan digelar pada 2-4 November 2018, dan memasuki tahun penyelenggaraan ke-18 sejak digelar pertama kali pada 1999. Event ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Samarinda dan didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pariwisata. Tujuannya tentu saja untuk mempromosikan Sungai Mahakam dan Kota Samarinda, yang diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Salah satu lomba yang khas dan menarik dalam festival adalah lomba renang menyeberangi Sungai Mahakam. Lomba yang paling ditunggu-tunggu ini biasanya diikuti oleh sekitar 100 peserta. Lombanya dibagi dalam kelas junior dan senior serta kategori putra dan putri.

Lomba-lomba lainnya yang tak kalah menarik di antaranya balap perahu tambangan, balap power boating, perahu naga, perahu dompeng, dan balap jetski. Dalam lomba-lomba balap ini, pengunjung akan menyaksikan para peserta menunjukkan kelihaian mengemudi mereka  ketika berpacu dalam kecepatan tinggi di Sungai Mahakam.

Tak hanya di sungainya, berbagai tontonan dan hiburan juga ditampilkan di tepian Sungai Mahakam, termasuk seni dan budaya khas daerah-daerah di Kalimantan Timur. Festival band, pentas musik dangdut, bazar kuliner, pawai budaya dan beberapa acara lainnya turut memeriahkan festival yang berlangsung selama tiga hari itu.

Tak ketinggalan, Mahakam Sampe Music Festival akan menampilkan berbagai petunjukan musik dengan menggunakan sampe atau sape, alat musik tradisional suku Dayak. Para pemusiknya berasal dari sejumlah wilayah di Kalimantan. Selain itu, ada pula penampilan seni-budaya Tajong Samarinda, parade penari Hudoq (tarian tradisional Dayak), dan lomba tari kreasi daerah pedalaman. 

Jika saja Anda ingin berwisata ke destinasi lain selain Sungai Mahakam, Samarinda punya sejumlah obyek wisata seperti Telaga Permai Batu Besaung, Desa Wisata Pampang, tiga obyek air terjun (Pinang Seribu, Tanah Merah dan Berambai), Kebun Raya Umnul Samarinda, kerajinan tenun ikat sarung, dan beberapa lainnya. Tersedia sejumlah hotel dan penginapan untuk menginap di Samarinda, termasuk hotel berbintang.

Sejak beroperasinya bandara baru, Bandara APT Pranoto, kini semakin mudah untuk menuju Samarinda. Ada layanan penerbangan langsung dari Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan, ke Samarinda. Menurut informasi, sekarang juga sudah tersedia penerbangan langsung dari Surabaya dan Makassar menuju ibukota Kalimantan Timur itu.


Narahubung:
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur
Telepon: +62 541 736850; +62 541 747241
Email: disbudparkaltim@gmail.com
Situs web: www.disbudpar.kaltimprov.go.id; www.pariwisatakaltim.com