Budaya | Flora | Fauna | Kuliner

Festival Pesona Lipuku 2018

06 - 12 Aug 2018

Tojo Una-Una
  • Tgl Posting Selasa, 15 Mei 2018
  • 514 kali dilihat

Foto: Dok. Dispar Kab. Tojo Una-una

Mana nama yang lebih akrab di telinga: Tojo Una-una atau Kepulauan Togean? Jawabannya pastilah Kepulauan Togean. Kepulauan yang terletak di kawasan Teluk Tomini, Sulawesi Tengah, ini sudah lama dikenal sebagai sebuah destinasi wisata yang memiliki bentang alam molek, termasuk panorama bawah laut yang memesona.
 
Kepulauan Togean, yang masuk dalam wilayah Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah, diresmikan sebagai taman nasional pada tahun 2004. Kepulauan ini sangat kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut langka, serta menjadi bagian dari Segitiga Terumbu Karang (Region 1: Indonesia-Filipina).

Di situlah Festival Pesona Lipuku (FPL) 2018 akan diselenggarakan, mulai tanggal 6 sampai 12 Agustus 2018. Seluruh rangkaian acara akan berlangsung di sejumlah lokasi di Kabupaten Tojo Una-una, termasuk Kepulauan Togean. Festival ini atas prakarsa Pemerintah Kabupaten Tojo Una-una yang didukung oleh Kementerian Pariwisata. Tujuannya tentu saja untuk mempromosikan pariwisata di kabupaten tersebut dan mendatangkan lebih banyak wisatawan.

Berlangsung selama tujuh hari, FPL 2018 akan menyodorkan beraneka atraksi dan kegiatan, antara lain pertunjukan tari-tarian dan beladiri tradisional, festival kuliner lokal (masakan dengan bahan utama ikan, udang, tiram dan kepiting), foto keindahan laut dan bawah laut Kepulauan Togean, tur sepeda dan lainnya. Ada pula perlombaan-perlombaan menarik seperti lomba perahu dan lomba tarik tambang di atas perahu.

Di samping semua itu, pengunjung tentunya juga bisa menikmati keindahan alam Kepulauan Togean, termasuk keindahan alam bawah lautnya. Berbagai aktivitas dapat dilakukan di kawasan kepulauan ini, seperti menyelam dan snorkeling di Pulau Kadidiri. Bagi yang suka memancing dan menjelajah hutan, bisa menuju ke Pulau Malenge. Ada pula Gunung Colo di Pulau Una-una dan permukiman orang Bajo di Kabalutan, Walea Kepulauan.

Transportasi ke Kabupaten Tojo Una-una dan Kepulauan Togean kini semakin mudah. Semua perjalanan di wilayah tersebut akan dimulai dari Ampana, ibukota Kabupaten Tojo Una-una. Dulu, Ampana hanya bisa diakses melalui jalur darat dari Palu, Poso dan Luwuk. Kini ada penerbangan dari Palu, ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, menuju Bandara Tanjung Api, Ampana; begitu pula sebaliknya.

Untuk menuju ke Kepulauan Togean, ada beberapa pilihan transportasi laut. Pengunjung bisa menggunakan speedboat dari Ampana ke Wakai, pusat perdagangan di Kepulauan Togean, dengan waktu tempuh 90 menit. Selain itu, tersedia layanan dengan kapal kayu dengan waktu tempuh sekitar empat jam. Ada pula kapal fery dengan waktu tempuh sekitar enam jam.

Untuk menginap baik di Ampana maupun Kepulauan Togean, tersedia lumayan banyak pilihan hotel dan penginapan di wilayah tersebut. Silakan browsing di internet untuk menentukan pilihan hotel/penginapan yang Anda inginkan.


Narahubung:
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah
Telepon: +62 451 483942
Email: pariwisata.sulteng@gmail.com
Situs web: disbudpar.sulteng.go.id