Olahraga

Jakarta Marathon 2018

28 Okt 2018

Jakarta Pusat
  • Tgl Posting Sabtu, 01 Sep 2018
  • 747 kali dilihat

Foto: Dok. Kemenpar

Sebagai event lomba lari terbesar dan paling bergengsi di Indonesia, Jakarta Marathon atau disebut juga Mandiri Jakarta Marathon akan digelar kembali tahun ini. Kegiatan yang diselenggarakan untuk publik ini telah memperoleh pengakuan internasional, dan biasanya diikuti oleh lebih dari 10.000 peserta.

Jakarta Marathon 2018 akan berlangsung pada 28 Oktober 2018 dan, seperti biasanya, menawarkan lima kategori lomba, yaitu Full Marathon (42,195 km), Half Marathon (21 km), 10K, 5K, dan Maratoonz (1,3 km, untuk anak-anak). Para pelari akan melewati sejumlah rute yang memperlihatkan keindahan alam perkotaan dan kekayaan budaya Jakarta.

Pada penyelenggaraan tahun lalu, start dan finish Jakarta Marathon mengambil tempat di kawasan Silang Monas. Jalur lari melewati beberapa landmark ibukota seperti Bundaran Hotel Indonesia, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, pelataran Museum Fatahillah, kawasan Kota Tua, dan sebagainya. Para peserta juga menyusuri jalan-jalan yang memperlihatkan kemegahan gedung-gedung pencakar langit ibukota.

Jakarta Marathon biasanya juga dimeriahkan dengan berbagai atraksi budaya dan pertunjukan musik. Di beberapa lokasi dalam rute lari, ada pertunjukan seni tradisional, juga kesenian pop, yang siap menghibur para peserta dan penonton.

Pada tahun 2017, Jakarta Marathon diikuti oleh sekitar 16.000 pelari, lebih dari 1.500 di antaranya adalah peserta dari luar negeri. Jumlah peserta terus meningkat dari tahun ke tahun – 15.000 peserta pada tahun 2016 dan 14.000 pada 2015. Pada penyelenggaraan keenam di 2018 ini diharapkan jumlah pesertanya meningkat dari tahun sebelumnya.

Ketika diselenggarakan pertama kali pada 27 Oktober 2013, Jakarta Marathon diikuti lebih dari 10.000 peserta dari Indonesia dan negara-negara lain di seluruh dunia, termasuk pelari-pelari elite dunia dari Kenya, Ethiopia, Inggris, Jepang, Prancis, dan Australia. Sebagaimana diketahui, Jakarta Marathon telah menerima sertifikasi dari International Association of Athletics Federations (IAAF) dan Association of International Marathons and Distance Races (AIMS) dengan tingkat elevasi 0 m/km.

Melalui Jakarta Marathon ini, Jakarta diharapkan menjadi salah satu destinasi utama untuk sport tourism (wisata olahraga) di dunia dan salah satu dari enam kota utama World Marathon Majors. Event internasional tersebut juga diharapkan bisa menjadikan Jakarta sebagai kota kelas dunia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Jakarta Marathon, silakan kunjungi http://thejakartamarathon.com.


Narahubung:
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta
Telepon: +62 21 5205455
Email: tourism@jakarta.go.id
Situs web: www.jakarta-tourism.go.id