Budaya

Kemilau Madura 2018

28 - 29 Okt 2018

Pamekasan
  • Tgl Posting Kamis, 30 Aug 2018
  • 1176 kali dilihat

Foto: Media Madura

Pada awalnya, Kemilau Madura hanya diprakarsai oleh Pemerintah Kabupaten Pamekasan, yang acaranya merupakan rangkaian dari perayaan hari jadi kabupaten tersebut. Namun, pada tahun ini event tersebut menjadi hajatan seluruh kabupaten yang ada di Pulau Madura. Pasalnya, Kemilau Madura telah masuk daftar 100 Wonderful Events Indonesia 2018.

Kemilau Madura 2018 akan berlangsung pada 28-29 Oktober 2018 dan dipusatkan di Kabupaten Pamekasan dan Sumenep. Gelaran ini mempersembahkan berbagai pertunjukan seni dan budaya yang berasal dari empat kabupaten di Pulau Garam itu, yakni Sampang, Bangkalan dan dua kabupaten yang telah disebut sebelumnya.

Kegiatan-kegiatan budaya menarik yang bakal menjadi suguhan dalam helatan selama dua hari itu antara lain Karapan Sapi klasik, lomba Sape Sono, karnaval Daul, Batik on the Street, dan pesta seni tradisional.

Selain menjadi ruang untuk mengekspresikan jatidiri budaya masyarakat Madura, Kemilau Madura juga menjadi semacam ajang silaturahmi seni-budaya dari empat kabupaten di Madura. Diharapkan, acara ini mampu menumbuhkan kecintaan masyarakat pada seni dan budaya.

Pastilah Pulau Madura tak sekadar memiliki kesenian dan kebudayaan yang unik, melainkan juga punya sejumlah destinasi wisata alam nan indah. Jadi, selain menyaksikan Kemilau Madura, sempatkanlah pula mampir ke sejumlah destinasi seperti  Bukit Jaddih (Bangkalan), Air Terjun Toroan (Sampang), Bukit Kapur Arosbaya (Bangkalan), Bukit Tinggi Daramista (Sumenep), Pemandian Sumber Pocong (Bangkalan), Telaga Kermata (Sumenep), dan beberapa lainnya.

Sebagaimana wilayah Lombok di Nusa Tenggara Barat yang memiliki gili-gilinya, Madura juga memiliki sejumlah gili yang menawarkan bentang alam tropis nan eksotis, di antaranya Gili Pandan, Gili Iyang, Gili Genting dan Gili Labak.

Dengan adanya Jembatan Suramadu, akses ke Pulau Madura dari Bandara Juanda Surabaya jadi sangat mudah. Banyak kendaraan umum seperti bus, dan juga layanan travel, yang melayani perjalanan dari Kota Pahlawan itu ke kota-kota di Madura. Lebih nyaman lagi bila Anda menyewa atau membawa mobil sendiri, sehingga bisa mampir-mampir ke sejumlah destinasi wisata sebelum ke lokasi Kemilau Madura di Pamekasan dan Sumenep.

Jika ingin lebih cepat, ada penerbangan dari Bandara Juanda ke Bandara Trunojoyo di Sumenep, dengan menumpang pesawat kecil/perintis. Namun, layanan penerbangannya hanya tersedia di hari tertentu saja.

Hotel dan jenis penginapan lainnya lumayan mudah ditemui di empat kabupaten di Pulau Madura, apalagi di Pamekasan yang menjadi venue acara Kemilau Madura.


Narahubung:
Dinas Pariwisata Kabupaten Pamekasan
Telepon: +62 823 3037 2748 (Sonny) ; +62 81 851 2220
Email: Satutujuankreatif@gmail.com