Budaya

Kenduri Seni Melayu 2018

02 - 04 Nov 2018

Batam
  • Tgl Posting Rabu, 05 Sep 2018
  • 843 kali dilihat

Foto: Istimewa

Ini sebentuk festival yang menampilkan aneka kesenian dan kebudayaan Melayu, baik yang berasal dari Kepulauan Riau maupun Riau daratan (Provinsi Riau yang terletak di Pulau Sumatera). Kota Batam yang berada di Provinsi Kepulauan Riau menjadi lokasi bagi penyelenggaraan event yang berjuluk Kenduri Seni Melayu (KSM) ini.

KSM 2018 yang diselenggarakan pada 2-4 November 2018 bakal menyuguhkan berbagai pertunjukan seni khas Melayu seperti musik, lagu, teater dan sastra yang dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi karya panggung yang menarik dan, tentu saja, menghibur. Selain pembacaan puisi, pantun dan taja, ada pula pertunjukan seni tari tradisional, serta beberapa pertunjukan kearifan lokal Batam. Acara selama tiga hari ini akan dipusatkan di Lapangan Engku Putri, Batam.

Digelar sejak 1999, KSM sebenarnya tidak hanya menyuguhkan kesenian Melayu saja, melainkan juga sejumlah suguhan seni-budaya yang ada di Indonesia. Bahkan ada pula pertunjukan seni dari beberapa negara ASEAN.

Pada KSM tahun lalu, ragam seni dari negara-negara serumpun dihadirkan, seperti dari Brunei Darussalam, Kamboja, Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam. Di tahun ini, wakil-wakil dari beberapa negara itu dikabarkan akan kembali berpartisipasi.

Yang tak kalah menarik adalah penampilan para artis/penyanyi Melayu dari Indonesia, Malaysia dan Singapura. Selain menjadi ajang pertemuan bagi seniman-seniman lokal, nasional dan internasional, KSM juga menjadi ajang silaturahmi bagi negara-negara serumpun Melayu.

Tak ketinggalan, bazar makanan khas Melayu dan industri kreatif akan ikut menyemarakkan festival seni-budaya ini, yang pada tahun ini memasuki tahun penyelenggaraan ke-20. Penyelenggaraan ini menjadi bagian dari rangkaian perayaan hari jadi Kota Batam.

Di samping memiliki seni-budaya Melayu yang unik, Batam juga punya tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi, seperti Masjid Raya, Kuil Maha Vihara Duta Maitreya, Pantai Melur, Holiday Resort di Pantai Nongsa, dan kawasan wisata Ocarina. Bagi yang gemar golf, Batam menyediakan beberapa  lapangan golf yang besar, bahkan berkelas dunia.

Sebagai lokasi penyelenggaraan KSM, Kota Batam dapat dicapai melalui jalur udara dan laut. Bandara Internasional Hang Nadim menjadi pintu gerbang bagi penerbangan dari dan ke Batam. Tersedia penerbangan langsung ke Batam dari beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Pontianak, Bandung, Tanjungpinang, Pangkalpinang, Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, Bandar Lampung, dan beberapa kota lainnya. Sementara itu, Pelabuhan Batam Center, Sekupang, Waterfront City, Nangsapura dan Telaga Punggur menjadi gerbang laut ke Batam, atau dari Batam menuju tempat-tempat lainnya.


Narahubung:
Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau
Telepon: +62 771 315677; +62 771 315822
Email: pariwisata_kepri@yahoo.com
Situs web: http://kepri.travel