Budaya | Fauna | Fashion | Keagamaan | Kuliner | Musik | Olahraga

Lovely Desember 2017

26 - 30 Des 2017

Toraja Utara
  • Tgl Posting Minggu, 17 Sep 2017
  • 1500 kali dilihat

FOTO: TIRTO.ID

Lovely Toraja atau Lovely December adalah program tahunan yang menampilkan berbagai potensi kesenian dan budaya Toraja dalam bentuk atraksi seni budaya. Lovely Desember kembali diadakan pada 26-30 Desember 2017 di Toraja Utara dengan tema "Unforgetable Heavenly Experience (Pengalaman Menyenangkan yang Tak Terlupakan".  

Acara terdiri dari Festival Kopi & Internasional Barista Competition, Festival Foto wisata, Toraja Night Run, Pameran Kuliner, Tarung Kerbau, Pagelaran Seni Budaya serta Event Puncak Lovely Desember dan Lomba Paduan Suara Natal.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan festival pembukaan yang akan menampilkan Opera Toraja tentang cerita rakyat tradisional, festival kopi sebagai komoditas utama dan juga kontes kopi terbaik serta mempertemukan pembeli dan petani kopi. Festival kuliner tradisional Toraja juga akan berlangsung selama 3 hari berturut-turut. 

Lovely Desember juga akan menggelar karnaval tedong yang menghadirkan kontes kerbau besar-besaran, kemudian akan dijelaskan tentang jenis dan kedudukan setiap tedong bagi masyarakat Toraja.

FOTO: JAKARTAPOST.COM

Lovely Toraja berangkat dari rasa syukur atas segala potensi kota Toraja serta kebaikan yang dialami orang Toraja. Awalnya, Lovely Desember merupakan pesta akhir tahun untuk mempererat tali persaudaraan masyarakat Toraja atau lebih dikenal dengan sebutan 'Sang Torayan', di mana saat Desember tiba biasanya perantau Toraja dapat pulang kampung untuk temu kangen dengan keluarga.

Mewadahi kebutuhan tersebut, pada tahun 2010 Dinas Pariwisata mengadakan festival yang tidak hanya menghadirkan atraksi kebudayaan, tetapi juga kuliner, olahraga, forografi, dan sebagainya.

Penyelenggara:
Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan
Jl. Pongtiku No.157, Kamali Pentalluan, Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan
Narahubung: Ermi (0852-9999-9281)