Pasar Seni Lukis Indonesia 2018

12 - 21 Okt 2018

Surabaya
  • Tgl Posting Selasa, 31 Jul 2018
  • 1557 kali dilihat

Foto: Antara photo

Event tahunan ini bisa dikatakan sebagai perhelatan seni lukis terbesar di Indonesia, yang tak hanya berisi pameran lukisan, melainkan juga menjadi ajang pertemuan para pelukis, sekaligus ajang jual-beli karya lukis secara langsung antara seniman pembuat karya dan konsumennya. Ratusan seniman lukis dengan ratusan bahkan ribuan karya yang siap jual selalu membuat meriah gelaran yang diadakan di Surabaya ini.

Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) 2018, yang memasuki tahun penyelenggaraan ke-11, akan berlangsung pada 12-21 Oktober 2018 di JX International Surabaya. Populer pula dengan sebutan Indonesian Art Mart, PSLI tahun ini akan diikuti oleh lebih dari 200 pelukis, yang tentunya bakal memajang karya-karya terbaru mereka.

PSLI 2018 menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Pemerintah Jawa Timur dalam rangka ulang tahun ke-73 provinsi tersebut. Selain pameran lukisan, gelaran selama 10 hari itu bakal semakin meriah dengan hadirnya pementasan teater, pergelaran musik dan tari kontemporer. Melalui penghargaan Pesona Award, PSLI juga menjadi ajang kompetisi melukis destinasi pariwisata terbaik Indonesia.

Berkait dengan penyelenggaraan Asian Games 2018, PSLI tahun ini akan lebih seru lagi. Pasalnya, pelukis-pelukis dari berbagai negara di Asia akan turut menyemarakkan gelaran di Kota Pahlawan itu.

Pada pelaksanaan tahun lalu, PSLI diikuti oleh 193 pelukis yang antara lain berasal dari Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Bali, Lombok, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, bahkan dari Belanda. Menurut sejumlah informasi, nilai transaksi selama pameran mencapai Rp 3 miliar. Pada tahun sebelumnya, 2016, sebanyak 358 lukisan terjual dengan nilai transaksi Rp 1,7 miliar.

Sebagai ibukota Provinsi Jawa Timur, Surabaya memiliki tempat-tempat wisata yang menarik dikunjungi, di antaranya Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih, Pantai Ria Kenjeran Park, Kebun Binatang Surabaya, Ekowisata Mangrove, Surabaya North Quay, Monumen Kapal Selam, dan Taman Bungkul. Tak hanya itu, wisata kuliner kiranya juga layak dijelajahi selama Anda di Surabaya, seperti Rujak Cingur Delta, Rawon Setan Mbak Endang, Bebek Sinjay, Lontong Balap Garuda, Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye, dan masih banyak lagi lainnya.

Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya pastilah sangat mudah dijangkau, baik melalui jalur darat, laut maupun udara. Pastinya juga banyak terdapat hotel untuk menginap; tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia.


Narahubung:
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur
Telepon: +62 31 8531814; +62 31 8531816
Email: info@disbudpar.jatimprov.go.id
Situs web: disbudpar.jatimprov.go.id