Olahraga

Tour de Flores 2018

06 - 16 Mei 2018

Flores Timur
  • Tgl Posting Minggu, 15 Apr 2018
  • 771 kali dilihat

Namanya mengingatkan kita pada Tour de France, Tour de Singkarak, Tour de Banyuwangi “Ijen” dan sejenisnya. Memang itulah yang menginspirasi event Tour de Flores yang mulai digelar pada 2016, yang kemudian menjadi agenda tahunan. Ini merupakan lomba balap sepeda jalan raya bertaraf internasional, dan diharapkan bisa menjadi sebuah sarana untuk mempromosikan pariwisata Flores ke kancah dunia.

Tahun ini Tour de Flores (TdF) akan dislenggarakan pada 6-16 Mei 2018, menempuh jarak sepanjang 743 km dengan beberapa etape, dari Larantuka di Flores Timur sampai Labuan Bajo di Manggarai Barat. Sebagai kompetisi berskala dunia, tentu saja selalu ada puluhan tim yang berpartisipasi dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Flores merupakan salah satu pulau besar di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang memiliki sembilan kabupaten: Lembata, Flores Timur, Sikka, Ende, Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat. Muka tanah di pulau ini umumnya bergunung-gunung, dan kebanyakan kaki gunungnya langsung menyentuh pantai. Bisa dibayangkan kondisi tersebut tentu menyuguhkan bentang alam yang indah sekaligus eksotis.

Salah satu destinasi wisata alam Flores yang namanya sudah masyhur adalah Danau Kelimutu. Berada di ketinggian 1.631 meter di atas permukaan laut (mdpl), danau tiga warna ini sungguh menakjubkan. Letaknya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.

Ada pula Danau Sano Nggoang, yang merupakan danau terbesar di NTT dengan luas 513 hektar dan kedalaman 600 meter. Hawa di sekitar danau terasa sangat sejuk karena lokasinya yang berada di ketinggian 750 mdpl. Kesejukan kian bertambah dengan hadirnya hutan nan asli di sekeliling danau. Terletak di Desa Wae Sano, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, air danau yang tampak berwarna hijau menyodorkan pemandangan yang menyegarkan mata. Di kabupaten yang sama, di Kecamatan Mbaliling, ada air terjun Cunca Rami yang memesona.

Pantai-pantai di Flores sudah pasti sangat mengagumkan, seperti Pantai Pink dengan pasir berwarna merah muda yang unik, dan Pantai Koka yang berpasir putih. Itu untuk menyebut beberapa di antaranya. Last but not least, tentu saja adalah Taman Nasional Komodo dengan pulau-pulaunya yang menawan, antara lain Pulau Komodo, Rinca, Padar dan Kanawa. Selain pemandangan elok, pengunjung juga bisa menyaksikan kehidupan binatang eksotis, komodo, yang sudah dikenal di seluruh dunia. Labuan Bajo sendiri, sebagai pintu gerbang menuju Taman Nasional Komodo, juga memiliki tempat-tempat menarik untuk dikunjungi.

Sport tourism semacam TdF ini pastilah memberi dampak tak langsung pada perkembangan pariwisata di Flores khususnya, dan Indonesia pada umumnya. Tak hanya keindahan bentang alam yang bisa dinikmati; pengunjung juga bisa Mengajak menyaksikan beragam atraksi musik, tari dan budaya Flores.


Narahubung:
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT
Telepon: +62 380 826384
Email: dinparekrafntt@gmail.com
Situs web: tourism.nttprov.go.id/