Budaya | Fashion | Kuliner

WI Culinary and Shopping Festival 2018

27 Sep - 27 Okt 2018

Jakarta Pusat
  • Tgl Posting Rabu, 18 Jul 2018
  • 875 kali dilihat

Foto: Dok. Kemenpar

Gelaran tahunan yang dimulai sejak 2016 ini merupakan ajang promosi wisata yang berkaitan dengan kuliner dan belanja produk lokal seperti batik, tenun dan barang kerajinan termasuk fashion. Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival (WICSF) digelar atas kerja sama antara Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia dan Kementerian Pariwisata, yang biasanya diadakan serentak di beberapa mal di sejumlah kota di Indonesia.

Di Jakarta, salah satu pusat perbelanjaan yang akan digunakan sebagai lokasi WICSF 2018 adalah Kota Kasablanka, yang akan berlangsung dari 27 September hingga 27 Oktober 2018. Dalam event ini bakal dihadirkan kuliner cita rasa khas Nusantara, pameran produk lokal khas daerah, penampilan kebudayaan Indonesia, dan wisata belanja dengan berbagai diskon menarik.

Pada tahun 2017, event yang diselenggarakan selama sebulan itu digelar di 18 kota di beberapa provinsi seperti Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Lebih dari 100 pusat perbelanjaan berpartisipasi kala itu.

Menurut Kementerian Pariwisata, wisata kuliner dan belanja memiliki daya pikat tersendiri bagi para wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara. Itulah yang menjadikan WICSF masuk dalam kalender kegiatan tahunan. Tahun 2018 ini memasuki tahun penyelenggaraan ketiga.

Pada wisatawan-wisatawan yang berasal dari sejumlah negara tertentu, mereka memiliki perilaku serupa ketika melancong ke negara lain, termasuk Indonesia, yaitu belanja, berburu kuliner lokal, dan menikmati pantai atau wisata alam. Indonesia sangat potensial untuk ketiga jenis wisata tersebut.

Berkaitan dengan kuliner, Menteri Pariwisata Arief Yahya pernah mengemukakan bahwa rendang, soto, nasi goreng, sate dan gado-gado telah ditetapkan sebagai kuliner nasional. WICSF, dengan demikian, bisa menjadi ajang bagi para pelaku usaha dan pemerintah untuk berkampanye tentang kuliner nasional tersebut, sekaligus mempromosikan aneka kuliner tradisional lainnya yang punya citarasa tinggi.


Narahubung:
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta
Telepon: +62 21 5205455
Email: tourism@jakarta.go.id
Situs web: www.jakarta-tourism.go.id